Rabu, 20 Januari 2010

Black Innovation Award 2009


Para pemenang Black Innovation Awards (BIA) 2009 sudah diumumkan, kalau tidak salah, Agustus 2009 lalu. Hal yang menggembirakan bahwa secara kuantitatif jumlah karya yang layak dinilai juri meningkat 10 kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Tahun 2008 para juri menilai 80 karya untuk dipilih 50 semifinalist, sementara tahun 2009 ada 800 karya yang harus dipilih menjadi 50 semifinalist. Bagaimana dengan tahun 2010 ini? Kita tunggu saja.

Menurut salah satu juri BIA 2009 Yoris Sebastian, karya-karya yang masuk semi-final minimal harus ‘tahan banting’. Maksudnya para kontestan harus menjunjung tinggi orisinalitas dalam setiap karya atau kreativitas yang ditampilkan. Minimal karya tersebut benar-benar bisa dirasakan faedahnya oleh masyarakat.

Sebut saja misalnya karya Arif Kurianto sang inovator pembuat Blind Gaple. Dengan alat ini para tuna netra dapat saling bermain gaple tidak hanya dengan sesama tuna netra tapi juga bisa dilakukan dengan orang normal. Lalu karya Muhammad Rois Abidin dengan produk Bagcamp, dimana tenda dan tas menjadi satu dalam rancangan yang apik. Selanjutnya produk Templast Sampah yang dirancang oleh Bharoto Yekti yang membuat tempat sampah yang bisa digabungkan dengan berbagai kantong plastik yang beredar di pasaran, mulai dari yang kecil sampai kantong plastik besar.

Dan cukup mengejutkan ternyata pemenang keempat juga diraih Muhammad Rois Abidin dengan produk Cankingz. Alat ini bertujuan mempermudah membawa durian agar lebih aman dan nyaman. Bukan saja untuk naik pesawat namun saat ini banyak mobil yang tidak lagi memiliki trunk terpisah, sehingga produk ini akan sangat bermanfaat.

Para pemenang hadiah utama mendapatkan hadiah masing-masing @Rp25 juta. Selain itu, diperoleh pemenang hadiah favorit pilihan BIA Enthusiast yang jatuh ke karya bertajuk ’Economic Bath Installation’ dari Dika Gusti Nugraha. Serta, yang berbeda di tahun 2010 panitia memberikan grand prize untuk karya yang mendapat nilai tertinggi untuk berangkat ke Sydney, Australia. Pemenang grand prize didaulat menghadiri shooting program “New Inventors” dari program televisi ABC dan melihat tempat-tempat dan hal-hal yang inovatif yang ada disana. Mantab zurantab selamat tuk para pemenang..

2 komentar:

  1. Assalamualaikum ^__^
    Nice INFo neh...
    mampir perdana pit disini...
    sesama peserta DJARUM BLACK BLOG COMPETITION ^__^

    demi ukhuwah di tanah blogger..
    meninggalkan jejak di postingan...
    mencuri link....
    nge-follow...
    itu ayat pertama dalam kitab penting blogger

    ^__^

    BalasHapus
  2. oke, tengkyu yaaahh. Sukses...

    BalasHapus